Senin, 14 Maret 2016

SINGKAWANG TERSENYUM


Konsep dari Makna “Singkawang Tersenyum” secara garis besar adalah wujud dari kepuasaan program visi misi yang terlaksana dengan baik dan implikasinya akan menghasilkan Kesejahteraan bagi Masyarakat. Dengan demikian, itu memberikan gambaran kepuasaan kpd smua kalangan masyarakat , baik itu masyarakat Singkawang pada khususnya, dan masyarakat yang datang ke Kota Singkawang.

Konsep Singkawang Tersenyum dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Harmonisasi kehidupan warga. : dimaksudkan agar terciptanya kondisi saling menghargai antar sesame warga antar agama, antar suku/ etnis dengan prinsip prinsp kesopanan, kesantunan, keramahan, dan betujuan untuk membangun singkawang yang damai dan toleran.
  2. Maju dan baik dibidang birokrasi : meningkatkan profesionalisme birokrasi dalam pelayanan publik
  3. Maju dan baik dibidang pendidikan: Terpenuhinya peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh terkait mutu pembelajaran, pendidik, infrastuktur dan manajemen/
  4. Maju dan baik dalam bidang kesehatan : terjadinya peningkatan pelayana kesehatan yang prima dan berpihak pada masyarakat dengan meyediakan berbagai fasilitas kesehatan, meningkatan kompetensi tenaga medis dan paramedis.
  5. Peningkatan Ekonomi daerah serta pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan, secara optimal potensi sumber daya local atas dasar pembangunan yang berbasis keunggulan kompetitif.
  6. Lingkungan yang maju dan sehat : mengindikasikan terjadinya keseimbangan Ekologis lingkungan hidup masyarakat dengan menguatkan partisipasi masyarakat yang kuat dan berkomitmen dengan bersama sama membina kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. (e.g.: Sungai, Parit, sampah, limbah dll)
  7. Hukum yang maju dan berkeadilan : peningkatan pemahaman dan kesadaran hukum seluruh warga masyarakat sehingga dapat terjadi perubahan perilaku terhadap penyelenggara dan hukum di masyarakat dengan tujuan terjadinya ketertiban, ketaatan dan kepatuhan dibidang hukum, ini akan berimplikasi pada menurunnya kejadian kasus kasus pelanggaran hukum dimasyarakat.
  8. Mewadahi dan memfasilitasi : Seniman/ budayawan serta pemuda/remaja harus terwakilkan dengan wadah yang jelas melalui pemberian ruang untuk berekspresi dan menyalurkan kretatifitas mereka.( exm : fasilitas berkumpul yang rindang dan ramah lingkungan serta adanya fasilitas WIFI, sehinnga mereka dapat nyaman berdiskusi, belajar, menyalurkan ide ide yang kreatif guna menciptakan SDM yang handal di kota Singkawang).
  9. Pembangunan berbasis dan ramah Gender : Selama ini mayoritas kaum perempuan di nomor dua kan keterlibatannya dalam Pembangunan Kota singkawang, agar perempuan tidak hanya menjadi objek sebuah pembangunan. Maka diperlukan Pemberdayaan perempuan, ini dimaksudkan agar kaum Perempuan terlibat sebagai aktor Pembangunan Kota Singkawang.
  10. Membuka lapangan pekerjaan : terutama dalam pengembangan potensi sumber daya manusia dan sumberdaya local/kearifan local.
  11. Kerukunan : adalah sikap masyarakat yang rukun dan teratur, selalu berupaya menghindari kekerasan maupun konflik yang muncul dari hal-hal sepele yang bisa berakibat fatal bagi kehidupan masyarakat. Hidup rukun harus dan sangat diperlukan bagi masyarakat untuk mencipatakan kondisi Singkawang yang aman dan tentram.

Poin poin diatas dapat diartiakan yang paling mendasar adalah terpenuhinya kebutuhan dasar masyrakat dan terpenuhinya standar pelayanan minimal dalam berbagai bidang meliputi peningkatan pelaksanaan pendidikan, pelayanan kesehatan, serta peningkatan ekonomi masyarakat. 

 Sederhananya untuk memahami “SINGKAWANG TERSENYUM” dapat dapat diartikan misalnya; Pembngunan SDM Singkawang secara maksimal , dgn trsbut impact/hasil nyata membuat masyarakat skw puas dengan kinerja pemimpin dan wujud paling sederhana yaitu dg tersenyum sbgai gambran penghargaan dan sejahteranya mereka : pelayanan kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas) yg baik terhadap kesehatan masy akan membuat decak kagum masy sehingga mereka bs tersenyum,

Air bersih yg mengalir setiap saat membuat smua tersenyum,pelayanan pemernth yg prima membuat smua org tersnyum,dll...

Masukan, saran dan kritik yang membangun diperlukan untuk pencapain wujud Singkawang Tersenyum, maka dari itu , mari bergabung bersama dengan Relawan Andi Syarif Untuk SINGKAWANG TERSENYUM... 

0 komentar: